Cara Membuat Es Dawet Ayu Segar dan Nikmat (Es Cendol)
Nikmatnya es dawet ayu atau biasa di sebut dengan es cendol ini sering di jadikan minuman saat cuaca panas

Cara Membuat Es Dawet Ayu Segar dan Nikmat (Es Cendol)

Es Dawet Ayu – Ketika mesim panas dan terik sinar matahari menerpa, rasa haus akan datang tanpa kompromi lagi. Disaat situasi seperti ini menum minuman segar adalah solusi yang tepat untuk menyejukan tubuh kita kembali. Lantas menuman apa saja? Kita bisa mencari menuman kaleng yang sudah dingin atau mencari pedang es dawet cendol terdekat dan minuman lainnya.

Bicara soal menuman dingin, sudah tahukan bunda dengan yang namanya es dawet ayu? Minuman khas atau asli banjarnegara ini memang sudah buming di semua daerah dan biasa dikenal dengan es cendol. Saat ini es dawet ayu asli banjarnegara sudah banyak di produksi di semua daerah seperti jogja, surabaya, semarang, malang dan daerah lainnya. Untuk membuat es dawet ayu atau cara buat cendol sendiri itu tidak terlalu sulit, oleh karna itu banyak orang yang berjualan dawet ayu.

Resep Es Dawet Ayu Sederhana

Dawet ayu mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional apa lagi saat bulan ramadhan, es dawet ayu sering di jadikan takjil buka puasa dan sangat cocok diminum pada cuaca panas, es dawet dapat diminum panas atau pun dingin dengan menambahkan es batu. Berikut ini sudah saya siapkan bahan dan cara membuat es dawet ayu yang bisa bunda bikin sendiri di rumah.

Banyak di cari : Es Buah Segar

Bahan-bahan:

  • Tepung beras 250 gram
  • Air matang 600 ml
  • Es batu serut secukupnya
  • Tepung tapioka 250 gram
  • Air sari daun pandan 100 ml

Bahan Santan:

  • Santan 1 liter
  • Garam ½ sendok teh
  • Daun pandan 3 lembar

Bahan Larutan Gula Merah:

  • Gula merah aren 500 gram (disisir)
  • Gula putih 50 gram
  • Air 250 ml

Cara Membuas Es Dawet Ayu Asli Banjarnegara

  1. Untuk membuat dawet pertama campurkan tepung beras, tepung tapioka, daun pandan serta air. Aduk hingga adonan tercampur rata dan rebus sampai mengental.

  2. Selanjutnya siapkan cetakan untuk mencetak adonan dawet dan wadah yang berisi air hangat. Letakkan wadah tersebut dibawah cetakan dawet supaya hasil cetakan dawetnya bagus dan tidak menggumpal. Cetak semua adonan hingga habis. Sisihkan.

  3. Berikutnya membuat kuah santan, disini bunda bisa memulai dengan merebus santan, daun pandan dan garam sampai mendidih sambil diaduk aduk adar santannya tidak pecah. Jika sudah mendidih, angkat dan dinginkan. Sisihkan.

  4. Langkah selanjutnya kita membuat larutan gula merah, yaitu dengan merebus air, gula merah serta gula putih hingga mendidih. Aduk hingga gula larut dengan air dan apabila sudah mendidih angkat dan dinginkan.

  5. Terakhir yaitu proses penyajian, menyajikan es dawet ayu banjarnegara kita hanya perlu menyiapkan gelas, lalu masukkan dawet secukupnya (sesui selera), kemudian siram dengan kuah santan dan tuangkan larutan juga gula merahnya. Tambahkan es batu serut agar es dawet ayu bikinan sendiri lebih nikmat dan segar.

Cukup mudah kan bunda proses membuat es dawet ayu atau es cendol yang segar dan nikmat ini. Untuk resep menuman segar ini sebenarnya bervariasi dan setiap daerah memiliki khas dan cita rasa sendiri. Namun untuk kenikmatannya jangan di tanya lagi, es dawet ayu yang terkenal dengan rasa segar akan selalu mengobati rasa daha. Sekian artikel yang saya tulis ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *